Opening Hour

Senin - Sabtu, 8:00 - 15:00

Call Center

081314479011

Address

Jl. Zamrud B.1 Cilandak Permai Kel. Cilandak Barat - Cilandak Jakarta Selatan 12430

Satpam dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)

Ayo bagikan :

Satuan Pengamanan (Satpam) dan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ) merupakan bagian yang seharusnya tak terpisahkan mengingat tingginya resiko Profesi seorang Satpam dalam melaksanakan Tugasnya mengamankan lingkungan kerja dan sekitarnya.

Pun dalam proses pengurusan Surat Izin Operasional (SIO) Jasa Penyedia Tenaga Pengamanan atau Surat Izin Operasional (SIO) Jasa Pelatihan Keamanan oleh Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) salah satu syarat utamanya adalah Melampirkan Sertifikat dan Bukti Pelunasan Pembayaran Iuran dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) dan Kesehatan (BP JKN).

Perihal mengenai persyaratan BPJS ini juga tertuang dalam Peraturan Polisi (Perpol) Nomor 4 Tahun 2020 pada Pasal 8 ayat 3 huruf (e), disana menjelaskan bahwa Perekrutan calon anggota Satpam dilakukan oleh BUJP atau Pengguna Jasa Satpam.

BUJP yang akan merekrut calon anggota Satpam harus memiliki SIO jasa penyedia tenaga pengamanan atau SIO jasa pelatihan keamanan, Untuk mendapatkan SIO tersebut BUJP harus memenuhi persyaratan, meliputi salah satunya adalah melampirkan sertifikat dan bukti pembayaran iuran dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Dalam hal ketenaga kerjaan, Satpam tentunya menjadi salah satu profesi yang harus mendapatkan jaminan dari fasilitas Jamsostek dan kesehatan tersebut, apabila Satpam bertugas pada suatu Perusahaan pengguna jasa pengamanan, maka Iuran bulanan  BPJS Satpam menjadi tanggungan Perusahaan dan dibayarkan setiap bulannya.

Namun tidak menutup kemungkinan bahwa Satpam juga bisa mendapatkan manfaat dari BPJS Kesehatan melalui program BPJS Satpam Non Perusahaan.

Dalam program BPJS Non Perusahaan, Ada beberapa jaminan yang diberikan oleh BPJS kepada Satpam diantaranya:

  1. Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)
  2. Jaminan Kematian (JKm)
  3. Jaminan Hari Tua (JHT)
  4. Jaminan Pensiun (Jika Disertakan)

Apa saja manfaat dari keikutsertaan Satpam dalam BPJS Kesehatan?

  1. Biaya Pengobatan dan Perawatan
  2. Biaya Rehabilitasi
  3. Santunan Kematian
  4. Santunan Cacat

Berikut cara Satpam Non Perusahaan yang ingin mendaftar menjadi Anggota BPJS secara Mandiri:

  1. Menghubungi Kantor BPJS terdekat
  2. Mendaftar secara online melalui website BPJS Ketenagakerjaan di alamat: https://bpjsketenagakerjaan.go.id/
  3. Daftar melalui Bank yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan (Service Point Office)

Dengan ikut sertanya Satpam menjadi salah satu anggota dan penerima manfaat dari BPJS diharapkan mampu menjamin Kesehatan dan Kesejahteraan seluruh Satpam di Indonesia.

[wtk]

Source :
BPJS Ketenagakerjaan
JamsosIndonesia

Editor:
A. Azis Said

Post by

ADMIN APSI
On: 15-07-2021 21:27:49


Leave a comment